DESKRIPSI TUGAS PENJAMIN MUTU PENDIDIKAN
SMP AL KAUTSAR BANDAR LAMPUNG
TP 2019/2020

ย 

ย NO

NAMA JABATAN

DESKRIPSI TUGAS

1 Drs. Hi. Suprapto, M.Pd

Hi. Wagiso, S.E, M.M

Dra. Mariana, M.Pd

Pembina Mengawasiย  proses jalannyaย  pendidikan di sekolah
Membinaย  guru dan karyawan dalam pelaksanaan tugas
Memberikan saran terhadap sekolah dalamย  mengembangkan dan meningkatkan mutu pendidikan
2 Rudiyanto, M.Pd Ketua Penanggung jawab seluruh kegiatan Penjaminan Mutu Pendidikan
Menyusun rencana pelaksanaan program kegiatan
Menyiapkan dokumen yang mendukung pelaksanaan pendidikan
Mengawasi dan menertibkan tugas tugas kepanitiaan
Menyampaikan informasi perkembangan pendidikan di sekolah kepada pembina
3 H. Ridzal Effendi, S.Ag, M.Pd Wakil Ketua Bersama Tim menyusun program dan jadwal rencana program dan anggaran biaya
Bersama Tim menyusun laporan kegiatan
Menggkoordinir semua kegiatan TIM
Menyampaiakan informasi perkembangan sekolah kepada kepala sekolah
4 Nurhastuti, A.Md Sekertaris Bertanggung jawab kepada kepala sekolah
Bersama Tim menyusun program dan jadwal berkaitan dengan pelaksanaan kegiatan dan pelaporan
Menyiapkan seluruh kebutuhan ATK
Memeriksa kelengkapan instrumen penilaian
Menyampaikan informasi perkembangan data sekolah kepada kepala sekolah
5 Nurhayati, S.Ag Bendahara Bertanggung jawab kepada kepala sekolah
Bersama Tim menyusun program kegiatan dan anggaran biaya
Bersama Tim menyusunย  laporan kegiatan
Membuat dan menyiapkan administrasi keuangan
6 Agus Sugiarto, S.P

Siti Nurlela, S.Pd

I. Standar isi Menyusun kurikulum tingkat satuan pendidikn yangย  sesuai dengan SNP
Mengembangkan kurikulum tingkat satuan pendidikn yang memuat kompetensi sikap spiritual, sikap sosial, pengetahuan dan keterampilan, sesuai dengan SNP
Mengorganisasikan muatan kurikulum
Menyusun dan mengembangkan silabus dan perangkat pembelajaran lainnya
Bersama guru menganalisis dan menetapkan KKM
Menyusun visi, misi sekolah
Menyusun kalender pendidikan
Mengatur beban kerja guru
Mengembangkan sistem penilaian
Menyusun tugas dan jadwal mengajar
Menyusun tugas tambahan sesuai dengan kebutuhan
8

 

Ir. Hj. Rinthaย ย  Wisangsari, M.Pd

 

Kismanto, S.Pd

II.ย  Standar Proses

 

mengembangkan silabusย  sesuai dengan KTSP miniman ada 9 komponen, Identitas mapel, identitas sekolah, KI, KD Materi pokok, kegiatan pembelajaran, penilaian, alokasi waktu, sumber belajar
Mengembangkan silabus dan RPP secara lengkap
Mengawasi dalam pengelolaan kelas yang baik
Mengembangkan pembelajaran dengan baik melaui 5 langkahย  antara lain; menyiapkan psikis peserta didik,ย  keteladanan, dan pembelajaranย  lainnyaa yang mengacu kepada RPP yang baik
Mengembangkanย  ย metode pembelajaran pada semua mata pelajaran, penerapan metode atau strategi pembelajaran relevan sesuai karakteristik siswa contohnya seperti kontekstual atau CTL (Contextual Teaching and Learning), PBL (problem Base Learning)
Mengembangkan Media pembelajaran sesui dengan karakteristik siswa
.ย ย ย ย ย ย ย  Mengembangkanย  bahan pembelajaran
ย ย ย ย  Mengembangkan sumber pembelajaran
.ย ย  ย  Mengembangkanย  model-model pengelolaan atau manajemen kelas
ย ย ย ย  Memantau pelaksanaan selama proses pembelajaran
Mengembangkan model pembelajaran dengan melibatkan peserta didik
Mengembangkan pendekatan penilaian yang otentik
Menyusun program remedial, pengayaan, pelayanan konseling dan perbaikan proses pembelajaran
9 Arismun, S.Pd

Fatoni Latief, S.Pd

IIIย  Standarย  Kompetensi Lulusan Menyusun rencana dan kegiatan yang dapat meningkatkan keimanan dan ketaqwaan peseta didik
Mengembangkan standar kelulusan yang dapat meningkatkan sikap sosial dan karakter peserta didik
Mengembangkan standar pencapaian ketuntasan kompetensi pada tiap tahun salah satunya melaluiย  gerakan literasi sekolah baik literasi digital maupun non digital
Mengembangkan kejuaraan lomba-lomba bidang akademik (Kesiswaan)ย ย ย dan mengembangkan sekolah sehat
Mengembangkan pembelajaran dengan berbasis ; faktual, konseptual, proseduralย  dan metakognitif yang dapat dituangkan dalam RPP
Mengembang pembelajaran Kegiatan mandiri terstruktur (KMT) dan kegiatan mandiri tidak terstruktur (KMTT)
Mengembang penugasan individu dan kelompok, presentasi hasil kegiatan siswa , pelaporan, dan keterlibatan siswa dalam lomba karya ilmiah
10 Choirul Saleh, S.S., M.Pd

Misbah Nurdin, S.Pdi,

IV. Standar Pendidik dan Tenaga Kependidikan Menyusun rencana kegiatan pengembangan tenaga pendidikan dan kependidikan selama satu tahun
ย Mendata Kualifikasiย  akademik PTKย  berdasarkan tingkat pendidikan dan sertifikat pendidik, dan beban tugas
ย Mengembangkan model pemberdayaan tenaga pendidik dan kependidikan di tingkat sekolah melalui berbagai regulasi sekolah.
Mengembangkan kompetensi pendagogik guru melalui kegiatan pelatihan
ย Mengembangkan kompetensi profesional, sosial dan kepribadian pendidik dan tenaga kependidikan melalui workshop dan kegiatan lainnya
Mendorong tenaga kependidikan untuk melanjutkan ke S1 bagi yang belum S1 dan S2
11 Harsono, S.Pd.

Hendri Wijaya, A.Md

V. Standar Sarana dan Prasarana Menyusun dokumen sarana dan prasarana
Menyusun rencana kerja dan kegiatan pengembangan sarana prasarana selama satu tahun pembelajaran.
Mengembangkan Sarana dan prasarana sesuai dengan Standar Nasional Pendidikan (SNP
Mengawasi fungsi penanggulangan kebakaran
Mengembangkan fasilitas sekolah yang ramah anak
Mengawasi sistem tata ruang dan sarana kebersihan
Menyusun rencana kerja pemeliharaanย  sarpras secara berkala 5 tahun sekali
Melakukan koordinasi dengan petugas perpustakaan, petugas laboratorium terkait tata kelola ruang dan sarana lainnya
Mengembangkan jaringan internet, baik bagi peserta didik, pendidik maupun tenaga kependidikan
.ย ย  Menyusun laporan kegiatan pengadaan sarana prasarana
12 Merry Oktarina, M.Pd

Lela Suri, S.Pd.

VI. Standar Pengelolaan Menyusun dan mengembangkan ย Rencana Kegiatan ย Sekolah (RKS) untuk jangka menengah ย dan Rencana Kegiatan dan Anggaran Sekolah ( RKAS) untuk jangka pendek.
Menyusun visiย  Misi sekolah
Mengembangkan pendayagunaan SDM sekolah dengan cara membuat dan pembagian tugas-tugas secara jelas
Menyusun ย struktur dan keorganisasian sekolah dengan rincian tugasย  sesuai dengan kebutuhan sekolah
Melaksanakan pembelajaran secara efektif dan efisien
Melakukan penelusuran Alumni
Menyusun kegiatan PPDB, layanan konseling, ekstrakurikuler
Mendukung pengembangan perangkat penilaian
Menyusun pedoman pembiayaan
Melaksanakan monitoring dan evaluasi oleh sekolah tentang kinerja sekolah
Membuat jaringan informasi akademik di internal maupun eksternal sekolah (SIM)
13 Apriyanti

Emasnia Heroza, A.Md, Ak

VII. Standar Pembiayaan Menyusun Rencana Anggaran dan Belanja Sekolah ( RAPBS ) satu tahun
ย  Mengembangkan dan mengarsipkan,ย  pengelolaan ย ย ย ย biaya ย investasi da operasional sekolah
Meralisasikan anggaran belanja sekolah
Menyediakan loporan keuangan tahunan dan 3 th terakhir
Menyusun laporan penggunaan keuangan sesuai dengan sumber dana masing-masing, serta evaluasi dan tindak lanjutnya.
14

 

 

 

 

 

 

 

 

Dra. Hj. Nurwahida

Rosita, M.Pd

 

 

 

 

 

 

 

VIII. Standar Penilaian

 

 

 

 

 

.ย ย ย ย  Menyusun rencana kegiatan penilaian selama satu tahun pelajaran
ย ย ย ย ย  Mengembangkan perangkat model-model penilaian pembelajaran, dan petunjuk pelaksaannya
ย Implementasi model evaluasi pembelajaran: ulangan harian, ulangan tengah semester, ulangan akhir semester, ulangan kenaikan kelas
Mengembangkan pedoman-pedoman evaluasi sesuai dengan Standar Penilaian Pendidikan
Menyusunย  perencanaan penilaian model rubrik, penilaian proyek, portofolio, praktik dan analisis KKM
Melaksanakan dan mengoordinasikanย  analisis hasil belajar, laporan hasil penilaian dan rencana tindak lanjut
Mengembangkan dan mendokumentasikan instrumen penilaian sikap
Mendokumentasikan hasil rapat kenaikan kelas dan rapat kelulusan
Menyusun instrumen kisi kisi penilaian dan memanfaatkan hasil penilaian
15 Ahmad Mudatsir, A.Md Operator Bertanggung jawab kepada kepala sekolah dalam pengelolaan data pokok pendidikan (Dapodik)
Menyiapkan dan mengisi instrumen Penilaian Mutu Pendidikan (PMP)
Melakukan pemuktahiran data digital sekolah
Melakukan penyimpanan atau pengiriman data secara ofline dan online
Menyampaiakn data raport mutu pendidikan kepada TIM
16 Dra. Hj. Sri Purwaningsih

 

Joko Triyantoro, S.Psi

 

Audit Internal Melakukan pendataan terhadapย  pekerjaan anggota TIM penjamin mutu pendidikan di sekolah
Membuat daftar ceklist dalam melakukan pendataan
Memberikan saran dan perbaikan terhadap hasil pekerjaan TIM PMP
Membuat laporanย  pekerjaannya kepada ketua TIM (kepala sekolah)

Bandar Lampung 5 September 2019
Kepala SMP Al Kautsar Bandar Lampung

dto.

Rudiyanto, M.Pd

 

 

 



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Search

Social Icons