DESKRIPSI TUGAS PENJAMIN MUTU PENDIDIKAN
SMP AL KAUTSAR BANDAR LAMPUNG
TP 2019/2020
ย
ย NO |
NAMA | JABATAN |
DESKRIPSI TUGAS |
1 | Drs. Hi. Suprapto, M.Pd
Hi. Wagiso, S.E, M.M Dra. Mariana, M.Pd |
Pembina | Mengawasiย proses jalannyaย pendidikan di sekolah |
Membinaย guru dan karyawan dalam pelaksanaan tugas | |||
Memberikan saran terhadap sekolah dalamย mengembangkan dan meningkatkan mutu pendidikan | |||
2 | Rudiyanto, M.Pd | Ketua | Penanggung jawab seluruh kegiatan Penjaminan Mutu Pendidikan |
Menyusun rencana pelaksanaan program kegiatan | |||
Menyiapkan dokumen yang mendukung pelaksanaan pendidikan | |||
Mengawasi dan menertibkan tugas tugas kepanitiaan | |||
Menyampaikan informasi perkembangan pendidikan di sekolah kepada pembina | |||
3 | H. Ridzal Effendi, S.Ag, M.Pd | Wakil Ketua | Bersama Tim menyusun program dan jadwal rencana program dan anggaran biaya |
Bersama Tim menyusun laporan kegiatan | |||
Menggkoordinir semua kegiatan TIM | |||
Menyampaiakan informasi perkembangan sekolah kepada kepala sekolah | |||
4 | Nurhastuti, A.Md | Sekertaris | Bertanggung jawab kepada kepala sekolah |
Bersama Tim menyusun program dan jadwal berkaitan dengan pelaksanaan kegiatan dan pelaporan | |||
Menyiapkan seluruh kebutuhan ATK | |||
Memeriksa kelengkapan instrumen penilaian | |||
Menyampaikan informasi perkembangan data sekolah kepada kepala sekolah | |||
5 | Nurhayati, S.Ag | Bendahara | Bertanggung jawab kepada kepala sekolah |
Bersama Tim menyusun program kegiatan dan anggaran biaya | |||
Bersama Tim menyusunย laporan kegiatan | |||
Membuat dan menyiapkan administrasi keuangan | |||
6 | Agus Sugiarto, S.P
Siti Nurlela, S.Pd |
I. Standar isi | Menyusun kurikulum tingkat satuan pendidikn yangย sesuai dengan SNP |
Mengembangkan kurikulum tingkat satuan pendidikn yang memuat kompetensi sikap spiritual, sikap sosial, pengetahuan dan keterampilan, sesuai dengan SNP | |||
Mengorganisasikan muatan kurikulum | |||
Menyusun dan mengembangkan silabus dan perangkat pembelajaran lainnya | |||
Bersama guru menganalisis dan menetapkan KKM | |||
Menyusun visi, misi sekolah | |||
Menyusun kalender pendidikan | |||
Mengatur beban kerja guru | |||
Mengembangkan sistem penilaian | |||
Menyusun tugas dan jadwal mengajar | |||
Menyusun tugas tambahan sesuai dengan kebutuhan | |||
8
|
Ir. Hj. Rinthaย ย Wisangsari, M.Pd
Kismanto, S.Pd |
II.ย Standar Proses
|
mengembangkan silabusย sesuai dengan KTSP miniman ada 9 komponen, Identitas mapel, identitas sekolah, KI, KD Materi pokok, kegiatan pembelajaran, penilaian, alokasi waktu, sumber belajar |
Mengembangkan silabus dan RPP secara lengkap | |||
Mengawasi dalam pengelolaan kelas yang baik | |||
Mengembangkan pembelajaran dengan baik melaui 5 langkahย antara lain; menyiapkan psikis peserta didik,ย keteladanan, dan pembelajaranย lainnyaa yang mengacu kepada RPP yang baik | |||
Mengembangkanย ย metode pembelajaran pada semua mata pelajaran, penerapan metode atau strategi pembelajaran relevan sesuai karakteristik siswa contohnya seperti kontekstual atau CTL (Contextual Teaching and Learning), PBL (problem Base Learning) | |||
Mengembangkan Media pembelajaran sesui dengan karakteristik siswa | |||
.ย ย ย ย ย ย ย Mengembangkanย bahan pembelajaran | |||
ย ย ย ย Mengembangkan sumber pembelajaran | |||
.ย ย ย Mengembangkanย model-model pengelolaan atau manajemen kelas | |||
ย ย ย ย Memantau pelaksanaan selama proses pembelajaran | |||
Mengembangkan model pembelajaran dengan melibatkan peserta didik | |||
Mengembangkan pendekatan penilaian yang otentik | |||
Menyusun program remedial, pengayaan, pelayanan konseling dan perbaikan proses pembelajaran | |||
9 | Arismun, S.Pd
Fatoni Latief, S.Pd |
IIIย Standarย Kompetensi Lulusan | Menyusun rencana dan kegiatan yang dapat meningkatkan keimanan dan ketaqwaan peseta didik |
Mengembangkan standar kelulusan yang dapat meningkatkan sikap sosial dan karakter peserta didik | |||
Mengembangkan standar pencapaian ketuntasan kompetensi pada tiap tahun salah satunya melaluiย gerakan literasi sekolah baik literasi digital maupun non digital | |||
Mengembangkan kejuaraan lomba-lomba bidang akademik (Kesiswaan)ย ย ย dan mengembangkan sekolah sehat | |||
Mengembangkan pembelajaran dengan berbasis ; faktual, konseptual, proseduralย dan metakognitif yang dapat dituangkan dalam RPP | |||
Mengembang pembelajaran Kegiatan mandiri terstruktur (KMT) dan kegiatan mandiri tidak terstruktur (KMTT) | |||
Mengembang penugasan individu dan kelompok, presentasi hasil kegiatan siswa , pelaporan, dan keterlibatan siswa dalam lomba karya ilmiah | |||
10 | Choirul Saleh, S.S., M.Pd
Misbah Nurdin, S.Pdi, |
IV. Standar Pendidik dan Tenaga Kependidikan | Menyusun rencana kegiatan pengembangan tenaga pendidikan dan kependidikan selama satu tahun |
ย Mendata Kualifikasiย akademik PTKย berdasarkan tingkat pendidikan dan sertifikat pendidik, dan beban tugas | |||
ย Mengembangkan model pemberdayaan tenaga pendidik dan kependidikan di tingkat sekolah melalui berbagai regulasi sekolah. | |||
Mengembangkan kompetensi pendagogik guru melalui kegiatan pelatihan | |||
ย Mengembangkan kompetensi profesional, sosial dan kepribadian pendidik dan tenaga kependidikan melalui workshop dan kegiatan lainnya | |||
Mendorong tenaga kependidikan untuk melanjutkan ke S1 bagi yang belum S1 dan S2 | |||
11 | Harsono, S.Pd.
Hendri Wijaya, A.Md |
V. Standar Sarana dan Prasarana | Menyusun dokumen sarana dan prasarana |
Menyusun rencana kerja dan kegiatan pengembangan sarana prasarana selama satu tahun pembelajaran. | |||
Mengembangkan Sarana dan prasarana sesuai dengan Standar Nasional Pendidikan (SNP | |||
Mengawasi fungsi penanggulangan kebakaran | |||
Mengembangkan fasilitas sekolah yang ramah anak | |||
Mengawasi sistem tata ruang dan sarana kebersihan | |||
Menyusun rencana kerja pemeliharaanย sarpras secara berkala 5 tahun sekali | |||
Melakukan koordinasi dengan petugas perpustakaan, petugas laboratorium terkait tata kelola ruang dan sarana lainnya | |||
Mengembangkan jaringan internet, baik bagi peserta didik, pendidik maupun tenaga kependidikan | |||
.ย ย Menyusun laporan kegiatan pengadaan sarana prasarana | |||
12 | Merry Oktarina, M.Pd
Lela Suri, S.Pd. |
VI. Standar Pengelolaan | Menyusun dan mengembangkan ย Rencana Kegiatan ย Sekolah (RKS) untuk jangka menengah ย dan Rencana Kegiatan dan Anggaran Sekolah ( RKAS) untuk jangka pendek. |
Menyusun visiย Misi sekolah | |||
Mengembangkan pendayagunaan SDM sekolah dengan cara membuat dan pembagian tugas-tugas secara jelas | |||
Menyusun ย struktur dan keorganisasian sekolah dengan rincian tugasย sesuai dengan kebutuhan sekolah | |||
Melaksanakan pembelajaran secara efektif dan efisien | |||
Melakukan penelusuran Alumni | |||
Menyusun kegiatan PPDB, layanan konseling, ekstrakurikuler | |||
Mendukung pengembangan perangkat penilaian | |||
Menyusun pedoman pembiayaan | |||
Melaksanakan monitoring dan evaluasi oleh sekolah tentang kinerja sekolah | |||
Membuat jaringan informasi akademik di internal maupun eksternal sekolah (SIM) | |||
13 | Apriyanti
Emasnia Heroza, A.Md, Ak |
VII. Standar Pembiayaan | Menyusun Rencana Anggaran dan Belanja Sekolah ( RAPBS ) satu tahun |
ย Mengembangkan dan mengarsipkan,ย pengelolaan ย ย ย ย biaya ย investasi da operasional sekolah | |||
Meralisasikan anggaran belanja sekolah | |||
Menyediakan loporan keuangan tahunan dan 3 th terakhir | |||
Menyusun laporan penggunaan keuangan sesuai dengan sumber dana masing-masing, serta evaluasi dan tindak lanjutnya. | |||
14
|
Dra. Hj. Nurwahida
Rosita, M.Pd
|
VIII. Standar Penilaian
|
.ย ย ย ย Menyusun rencana kegiatan penilaian selama satu tahun pelajaran |
ย ย ย ย ย Mengembangkan perangkat model-model penilaian pembelajaran, dan petunjuk pelaksaannya | |||
ย Implementasi model evaluasi pembelajaran: ulangan harian, ulangan tengah semester, ulangan akhir semester, ulangan kenaikan kelas | |||
Mengembangkan pedoman-pedoman evaluasi sesuai dengan Standar Penilaian Pendidikan | |||
Menyusunย perencanaan penilaian model rubrik, penilaian proyek, portofolio, praktik dan analisis KKM | |||
Melaksanakan dan mengoordinasikanย analisis hasil belajar, laporan hasil penilaian dan rencana tindak lanjut | |||
Mengembangkan dan mendokumentasikan instrumen penilaian sikap | |||
Mendokumentasikan hasil rapat kenaikan kelas dan rapat kelulusan | |||
Menyusun instrumen kisi kisi penilaian dan memanfaatkan hasil penilaian | |||
15 | Ahmad Mudatsir, A.Md | Operator | Bertanggung jawab kepada kepala sekolah dalam pengelolaan data pokok pendidikan (Dapodik) |
Menyiapkan dan mengisi instrumen Penilaian Mutu Pendidikan (PMP) | |||
Melakukan pemuktahiran data digital sekolah | |||
Melakukan penyimpanan atau pengiriman data secara ofline dan online | |||
Menyampaiakn data raport mutu pendidikan kepada TIM | |||
16 | Dra. Hj. Sri Purwaningsih
Joko Triyantoro, S.Psi
|
Audit Internal | Melakukan pendataan terhadapย pekerjaan anggota TIM penjamin mutu pendidikan di sekolah |
Membuat daftar ceklist dalam melakukan pendataan | |||
Memberikan saran dan perbaikan terhadap hasil pekerjaan TIM PMP | |||
Membuat laporanย pekerjaannya kepada ketua TIM (kepala sekolah) |
Bandar Lampung 5 September 2019
Kepala SMP Al Kautsar Bandar Lampung
dto.
Rudiyanto, M.Pd